RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : MI Darul Ulum
Kelas / semester : IV ( empat )
Tema / Sub Tema : Indahnya kebersamaan / Keberagaman Budaya Bangsaku
Semester : 1 ( satu )
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan
logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
B. KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat
terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau
tradisional.
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila
Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh.
C.
INDIKATOR
PJOK
·
Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar
IPS
·
Menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permainan
tradisional yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
PPKn
·
Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran
·
Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk
tulisan
·
Mendesain poster tentang persatuan
D. TUJUAN
o Setelah memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu
mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.
o Setelah mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu
menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
o Setelah membaca teks dan berdiskusi siswa mampu
menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran dengan
benar.
o Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan perilaku yang
sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan dengan benar.
o Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang
keberagaman dengan benar.
E.
MATERI
1.
Permainan gobak sodor
2.
Sila dari Pancasila
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Praktek, Diskusi Dan Ceramah Interaktif
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak berdinamika dengan “tepuk Semangat dan Tepuk anak cerdas”
4.
Meminta informasi
dari siswa mengenai hal-hal yang
berhubungan dengan tema yang akan disampaikan.
5.
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang INDAHNYA KEBERSAMAAN
6.
Mengadakan pre tes
|
15 menit
|
|
Inti
|
105 menit
|
||
1. Guru menjelaskan berbagai permainan tradisional
2. Mengajak Siswa berdiskusi tentang aturan, strategi dan sikap
yang dapat ditunjukkan dalam permainan Gobak sodor dan beteng.
2. Guru membacakan dengan seksama tentang permaina gobak
sodor
3. Guru menjelaskan Jumlah pemain dalam permainan gobak
sodor yaitu harus berjumlah genap antara 6-10 anak.
4. Kemudian Siswa dibagi menjadi dua tim: tim jaga dan tim
serang. Jadi tiap tim beranggotakan 3-5 anak.
5. Guru menyuruh anak-anak untuk ke lapangan yang telah
disiapka untuk bermain gobak sodor.
6. Sebelum permainan dimulai guru menjelaskan tentang aturan
permainan yang akan dilakukan yaitu :
a.
Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di
sepanjang garis melintang yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu
menginjak garis tersebut.
b.
Yang boleh melalui garis sodorhanyalah penjaga garis
melintang pertama yang juga sebagai sodor.
c.
Masing-masing pemain tim serang dari pangkalan harus
berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain saja bisa
kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang menang.
d.
Bila pemain tim jaga bisa menyentuh salah satu pemain tim
serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti menjadi tim serang.
Begitu seterusnya.
e.
Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang
kalah, dan berganti jadi tim jaga.
7. Kemudian
guru membagi siswa kedalam dua tim, tim jaga dan tim serang Masing-masing tim
memilih salah satu anggotanya untuk menjadi ketua yang bertugas sebagai
sodor. Tim serang berkumpul di pangkalan, sementara tim jaga berdiri di
garis-garis melintang yang telah ditentukan ketuanya. Tim serang
harus berusaha masuk ke dalam petak-petak hingga dapat berada di belakang
garis, kemudian berusaha kembali lagi ke pangkalan. Apabila seorang pemain
tim serang bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh oleh tim jaga, maka
tim serang, dinyatakan sebagai pemenang dan mendapatkan poin.
8. Setelah
selesai bermain siswa diajak masuk kembali kedalam kelas
9. Guru
membagi siswa kedalam lima kelopok yang masing- masing terdiri dari enam anak.
10. Masing-masing kelompok mendiskusikan permainan yang telah
dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang telah disiapkan oleh guru, diantara
pertanyaannya adalah:
a.
Permainan tradisional apakah yang kamu pilih?
b.
Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
c.
Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapa memenangkan
permainan itu?
d.
Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saa kelompokmu
menang atau kalah dalam permainan?
e.
Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan
itu?
f.
Apakah hal baik tersebut sudah sesuai dengan nilai yang
terkandung dalam Pancasila?
10. Setelah diskusi guru memperlihatkan gambar pancasila
11. Siswa
menganalisis makna sila-sila dari Pancasila dengan menganalisis gambar dan membaca teks
12. Siswa
diajak untuk menghubungkan hal-hal baik yang didapatkan dari permainan dengan
nilai-nilai Pancasila.
13. Siswa menulis cerita tentang pengalamannya
bermain salah satu permainan tradisional.
14. Siswa
diingatkan untuk memasukkan hal-hal berikut dalam tulisannya.
Hal-hal yang harus ditulis adalah:
a. aturan permainan;
b. cara permainan;
c. strategi permainan;
d. nilai-nilai yang dipelajari; dan
e. manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
(Penilaian no. 2)
15. Siswa
dalam kelompok kecil diminta untuk mengamati contoh poster yang ada pada buku
siswa.
16. Siswa
diarahkan untuk mengamati poster sesuai dengan harapan dengan menjawab
pertanyaan yang ada pada buku siswa.
17. Siswa
mengemukakan hasil diskusi kelompok.
Siswa dalam kelompok lain memberikan tanggapan.
18. Siswa diberi penjelaskan kriteria poster
yang baik.
(Penilaian no. 3)
19. Siswa membuat poster dengan tema “Walaupun
Berbeda-beda, Kita adalah Satu”.
|
|||
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
3.
Perenungan
4.
Pengayaan
5.
Melakukan penilaian hasil belajar
6.
Mengajak semua
siswa berdo’a (untuk menutup kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Gambar
·
Buku Guru Tematik Kelas IV
·
Buku Siswa Tematik Kelas IV
·
Kartu
·
Beberapa poster dan
tempat untuk bermain Gobak sodor atau Benteng.
I.
PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
b.
Tes awal : ada
c.
Tes dalam proses : ada
d.
Tes akhir : ada
2.
Jenis tes/bentuk
a. Tes awal : Soal isian
b. Tes dalam proses : Pengamatan
c. Tes akhir : Menuliskan
pengalaman dan unjuk kerja
3.
Alat tes
a.
Tes awal :
b. Tes
dalam proses & Tes Akhir :
1)
Kegiatan mempraktikkan permainan tradisional dinilai
dengan menggunakan daftar periksa. (PJOK)
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa
mampu bermain gobak sodordan galasin dengan aturan yang benar.
|
||
2.
|
Siswa
mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain.
|
||
3.
|
Siswa
mampu bermain gobak sodordan galasin dengan aturan yang benar.
|
||
4.
|
Siswa
mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain.
|
Skor =
1. 2.5
2. 2.5
3. 2.5
4. 2.5
Jumlah maksimal = 10
NILAI
= jumlah Skor yang diperoleh x
10
Jumlah skor maksimal
N0
|
NAMA
|
KRITERIA
|
SKOR
|
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
M Sukron
Ma’mun
|
||||||
2.
|
M. Azizul
Hakim
|
||||||
3.
|
Mochamad Aldi
Nugroho
|
||||||
4.
|
Muhammad Ibnu
Sifa
|
||||||
5.
|
M. Mahfud
Hanif
|
||||||
6.
|
M. Nurudin
Umar
|
||||||
7.
|
M. Ma’sum .M
|
||||||
8.
|
Muhara
Alleyuia Hafsha
|
||||||
9.
|
Nadia Ayu
Irmawati
|
||||||
10.
|
Nasywa Rosa
Aurelia.S
|
||||||
11.
|
Nola
Farizatun Nabila
|
||||||
12.
|
Rafida Yanti
|
||||||
13.
|
Reni
Hamidatul Umah
|
||||||
14.
|
Risma Levia.
A. P.
|
||||||
15.
|
Shakila
Ramadhani
|
||||||
16.
|
Sheva Putri
Triantoro
|
||||||
17.
|
Shofi’ulloh
Khaqiqi
|
||||||
18.
|
Tsania
Fatimatuzzahra
|
||||||
19.
|
Ulifatul
Jazila
|
||||||
20.
|
Ulil Wafiyah
|
||||||
21.
|
Zahra Amelia
|
||||||
22.
|
Zaky Ahmad
Maului
|
||||||
23.
|
Al- Bani
Rizky
|
||||||
24.
|
Hasan Ali
Zaky
|
||||||
25.
|
Erma Puspita
Sari
|
||||||
2)
Kegiatan menuliskan pengalaman dinilai dengan daftar
periksa. (IPS)
No
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa
mampu menuliskan aturan permainan dengan benar.
|
||
2.
|
Siswa
mampu menuliskan cara permainan dengan benar.
|
||
3.
|
Siswa
mampu menuliskan strategi permainan dengan benar.
|
||
4.
|
Siswa
mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada
saat
mempraktikkan permainan tradisional serta manfaatnya
dengan
benar
|
Skor =
1. 2.5
2. 2.5
3. 2.5
4. 2.5
Jumlah skor maksimal = 10
NILAI
= jumlah Skor yang diperoleh x
10
Jumlah skor maksimal
misal = 7.5 x10 = 75
10
N0
|
NAMA
|
KRITERIA
|
SKOR
|
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
M Sukron
Ma’mun
|
||||||
2.
|
M. Azizul
Hakim
|
||||||
3.
|
Mochamad Aldi
Nugroho
|
||||||
4.
|
Muhammad Ibnu
Sifa
|
||||||
5.
|
M. Mahfud
Hanif
|
||||||
6.
|
M. Nurudin
Umar
|
||||||
7.
|
M. Ma’sum .M
|
||||||
8.
|
Muhara
Alleyuia Hafsha
|
||||||
9.
|
Nadia Ayu
Irmawati
|
||||||
10.
|
Nasywa Rosa
Aurelia.S
|
||||||
11.
|
Nola
Farizatun Nabila
|
||||||
12.
|
Rafida Yanti
|
||||||
13.
|
Reni
Hamidatul Umah
|
||||||
14.
|
Risma Levia.
A. P.
|
||||||
15.
|
Shakila
Ramadhani
|
||||||
16.
|
Sheva Putri
Triantoro
|
||||||
17.
|
Shofi’ulloh
Khaqiqi
|
||||||
18.
|
Tsania
Fatimatuzzahra
|
||||||
19.
|
Ulifatul
Jazila
|
||||||
20.
|
Ulil Wafiyah
|
||||||
21.
|
Zahra Amelia
|
||||||
22.
|
Zaky Ahmad
Maului
|
||||||
23.
|
Al- Bani
Rizky
|
||||||
24.
|
Hasan Ali
Zaky
|
||||||
25.
|
Erma Puspita
Sari
|
||||||
3)
Unjuk Kerja
kegiatan membuat poster dinilai
dengan rubrik (PPKn)
Nama: ___________ Hari/Tanggal: __________________________
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Perlu berlatih lagi
|
Bahasa
|
Siswa dapat membuatdan menggunakan
bahasa ajakan yangtepat dan informatif,serta mandiri
saat
mengerjakannya.
(4)
|
Siswa dapat membuat
dan menggunakan
bahasa ajakan yang
tepat dan informatif,
namun belum
sepenuhnya mandiri saat
mengerjakannya.
(3)
|
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa
ajakan yang tepat, namun
belum informatif dan
belum sepenuhnya mandiri
saat mengerjakannya.
(2)
|
Siswa belum dapat
membuat dan
menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan
belum informatif serta
belum mandiri saat
mengerjakannya
(1)
|
Gambar
|
Siswa dapat membuat
gambar yang sesuai
dengan kalimat yang
dibuat serta ukuran
yang seimbang dengan
bidang kertas.
(4)
|
Siswa dapat membuat
gambar yang sesuai
dengn kalimat yang
dibuatnya, namun ukuran
gambar masih belum
sesuai dengan bidang
kertas.
(3)
|
Siswa belum dapat
membuat gambar yang
sesuai dengan kalimat
yang dibuat, walaupun
ukuran gambar sesuai
dengan bidang kertas.
(2)
|
Siswa belum dapat
membuat gambar yang
sesuai dengan kalimat
yang dibuat serta ukuran
gambar belum sesuai
dengan bidang kertas
(1)
|
Kerapian
|
Siswa dapat menuliskan
dan mewarnai gambar
dengan rapi serta
menarik dan dapat
menjaga kebersihan
kertas kerja.
(4)
|
Siswa dapat menuliskan
dengan rapi dan
mewarnai gambar tidak
melebihi garis gambar,
namun dalam menjaga
kebersihan kertas kerja
belum maksimal(kotor
dan ada coretan )
(3)
|
Siswa dapat menulis
dengan rapi, namun dalam
mewarnai belum rapi dan
kebersihan kertas kerja
belum terjaga.
(2)
|
Siswa belum dapat
menulis dengan rapi dan
dalam mewarnainya pun
masih melebihi garis
gambar serta kebersihan
kertas kerja belum
terjaga.
(1)
|
Sekor maksimal = 12
NILAI = jumlah Skor yang diperoleh x
10
Jumlah skor maksimal
N0
|
NAMA
|
Bahasa
|
Gambar
|
Kerapian
|
SKOR
|
NILAI
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
M Sukron Ma’mun
|
||||||||||||||
2.
|
M. Azizul Hakim
|
||||||||||||||
3.
|
Mochamad Aldi Nugroho
|
||||||||||||||
4.
|
Muhammad Ibnu Sifa
|
||||||||||||||
5.
|
M. Mahfud Hanif
|
||||||||||||||
6.
|
M. Nurudin Umar
|
||||||||||||||
7.
|
M. Ma’sum .M
|
||||||||||||||
8.
|
Muhara Alleyuia Hafsha
|
||||||||||||||
9.
|
Nadia Ayu Irmawati
|
||||||||||||||
10.
|
Nasywa Rosa Aurelia.S
|
||||||||||||||
11.
|
Nola Farizatun Nabila
|
||||||||||||||
12.
|
Rafida Yanti
|
||||||||||||||
13.
|
Reni Hamidatul Umah
|
||||||||||||||
14.
|
Risma Levia. A. P.
|
||||||||||||||
15.
|
Shakila Ramadhani
|
||||||||||||||
16.
|
Sheva Putri Triantoro
|
||||||||||||||
17.
|
Shofi’ulloh Khaqiqi
|
||||||||||||||
18.
|
Tsania Fatimatuzzahra
|
||||||||||||||
19.
|
Ulifatul Jazila
|
||||||||||||||
20.
|
Ulil Wafiyah
|
||||||||||||||
21.
|
Zahra Amelia
|
||||||||||||||
22.
|
Zaky Ahmad Maului
|
||||||||||||||
23.
|
Al- Bani
Rizky
|
||||||||||||||
24.
|
Hasan Ali
Zaky
|
||||||||||||||
25.
|
Erma Puspita
Sari
|
||||||||||||||
4) Penilaian sikap
Minggu ke-1 Bulan Agustus 2014
Subtema : Keberagaman
Budaya Bangsaku
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perubahan Tingkah Laku
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Toleransi
|
Tekun
|
Teliti
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
M Sukron Ma’mun
|
||||||||||||||
2.
|
M. Azizul Hakim
|
||||||||||||||
3.
|
Mochamad Aldi Nugroho
|
||||||||||||||
4.
|
Muhammad Ibnu Sifa
|
||||||||||||||
5.
|
M. Mahfud Hanif
|
||||||||||||||
6.
|
M. Nurudin Umar
|
||||||||||||||
7.
|
M. Ma’sum .M
|
||||||||||||||
8.
|
Muhara Alleyuia Hafsha
|
||||||||||||||
9.
|
Nadia Ayu Irmawati
|
||||||||||||||
10.
|
Nasywa Rosa Aurelia.S
|
||||||||||||||
11.
|
Nola Farizatun Nabila
|
||||||||||||||
12.
|
Rafida Yanti
|
||||||||||||||
13.
|
Reni Hamidatul Umah
|
||||||||||||||
14.
|
Risma Levia. A. P.
|
||||||||||||||
15.
|
Shakila Ramadhani
|
||||||||||||||
16.
|
Sheva Putri Triantoro
|
||||||||||||||
17.
|
Shofi’ulloh Khaqiqi
|
||||||||||||||
18.
|
Tsania Fatimatuzzahra
|
||||||||||||||
19.
|
Ulifatul Jazila
|
||||||||||||||
20.
|
Ulil Wafiyah
|
||||||||||||||
21.
|
Zahra Amelia
|
||||||||||||||
22.
|
Zaky Ahmad Maului
|
||||||||||||||
23.
|
Al- Bani Rizky
|
||||||||||||||
24.
|
Hasan Ali Zaky
|
||||||||||||||
25.
|
Erma Puspita Sari
|
Keterangan
:
BT
: Belum Terlihat
MT
: Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
M
: Membudaya
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.
Sekor maksimal = 12
NILAI = jumlah Skor yang diperoleh x
10
Jumlah skor maksimal
Nilai
Akhir
Hari/Tanggal : Kamis, 7 Agustus 2014
Kelas/Semester : IV (Saad bin Abi Waqos)/ I
Tema / Sub tema : Indahnya Kebersamaan/ Keberagaman Budaya
Bangsaku
.
Jumlah
peserta
|
Skala
Nilai
|
Skor
Maksimal
|
KKM
|
25
|
100
|
400
|
70
|
N0
|
NAMA
|
Jenis Penilaian
|
JML
Skor
|
NILAI
|
Ketuntasan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
M Sukron Ma’mun
|
|||||||
2.
|
M. Azizul Hakim
|
|||||||
3.
|
Mochamad Aldi Nugroho
|
|||||||
4.
|
Muhammad Ibnu Sifa
|
|||||||
5.
|
M. Mahfud Hanif
|
|||||||
6.
|
M. Nurudin Umar
|
|||||||
7.
|
M. Ma’sum .M
|
|||||||
8.
|
Muhara Alleyuia Hafsha
|
|||||||
9.
|
Nadia Ayu Irmawati
|
|||||||
10.
|
Nasywa Rosa Aurelia.S
|
|||||||
11.
|
Nola Farizatun Nabila
|
|||||||
12.
|
Rafida Yanti
|
|||||||
13.
|
Reni Hamidatul Umah
|
|||||||
14.
|
Risma Levia. A. P.
|
|||||||
15.
|
Shakila Ramadhani
|
|||||||
16.
|
Sheva Putri Triantoro
|
|||||||
17.
|
Shofi’ulloh Khaqiqi
|
|||||||
18.
|
Tsania Fatimatuzzahra
|
|||||||
19.
|
Ulifatul Jazila
|
|||||||
20.
|
Ulil Wafiyah
|
|||||||
21.
|
Zahra Amelia
|
|||||||
22.
|
Zaky Ahmad Maului
|
|||||||
23.
|
Al- Bani
Rizky
|
|||||||
24.
|
Hasan Ali
Zaky
|
|||||||
25.
|
Erma Puspita
Sari
|
|||||||
NILAI Akhir = jumlah Nilai
4
Semarang,
07 Agustus 2014
Guru
Pamong Guru
Praktek
(
Zaenal Arifin, M.Ag ) (
Linawati )
Mengetahui
DPL Kepala
MI Darul Ulum
(Prof.
Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M.Ag) (
Nurul Qomariyah, M.S.I)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar