Sabtu, 13 September 2014

RPP tematik kelas 4 SD/MI Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan     :   MI Darul Ulum
Kelas / semester        :   IV ( empat )
Tema / Sub Tema     :   Indahnya kebersamaan / Keberagaman Budaya                                    Bangsaku
Semester                    :   1 ( satu )
Pertemuan ke            :   3
Alokasi waktu           :   1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
1.     Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia .

B.    KOMPETENSI DASAR

 PJOK

3.2  Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan  perkembangan tubuh.
4.1  Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.

IPS

3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

PPKn

3.1  Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.



C.    INDIKATOR

PJOK
·       Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar
 IPS
·       Menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permainan tradisional yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
PPKn
·       Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran
·       Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan
·       Mendesain poster tentang persatuan
mengenal makanan sehat (mm          
D.    TUJUAN
o   Setelah memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.
o   Setelah mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
o   Setelah membaca teks dan berdiskusi siswa mampu menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
o   Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan dengan benar.
o   Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang keberagaman dengan benar.

E.    MATERI
1.     Permainan gobak sodor
2.     Sila dari Pancasila

F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Praktek, Diskusi Dan Ceramah Interaktif

G.             KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
1.     Mengajak semua siswa berdo’a  (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk Semangat dan Tepuk anak cerdas
4.     Meminta informasi dari siswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan tema yang akan disampaikan.
5.     Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang INDAHNYA KEBERSAMAAN
6.     Mengadakan pre tes
15 menit

Inti

105 menit


1.     Guru menjelaskan berbagai permainan tradisional
2.     Mengajak Siswa berdiskusi tentang aturan, strategi dan sikap yang dapat ditunjukkan dalam permainan Gobak sodor dan beteng.
2. Guru membacakan dengan seksama tentang permaina gobak sodor
3. Guru menjelaskan Jumlah pemain dalam permainan gobak sodor yaitu harus berjumlah genap antara 6-10 anak.
4. Kemudian Siswa dibagi menjadi dua tim: tim jaga dan tim serang. Jadi tiap tim beranggotakan 3-5 anak.
5. Guru menyuruh anak-anak untuk ke lapangan yang telah disiapka untuk bermain gobak sodor.
6. Sebelum permainan dimulai guru menjelaskan tentang aturan permainan yang akan dilakukan yaitu :
a.      Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
b.     Yang boleh melalui garis sodorhanyalah penjaga garis melintang pertama yang juga sebagai sodor.
c.      Masing-masing pemain tim serang dari pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang menang.
d.     Bila pemain tim jaga bisa menyentuh salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
e.      Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.
7.  Kemudian guru membagi siswa kedalam dua tim, tim jaga dan tim serang Masing-masing tim memilih salah satu anggotanya untuk menjadi ketua yang bertugas sebagai sodor. Tim serang berkumpul di pangkalan, sementara tim jaga berdiri di garis-garis melintang yang telah ditentukan ketuanya. Tim serang harus berusaha masuk ke dalam petak-petak hingga dapat berada di belakang garis, kemudian berusaha kembali lagi ke pangkalan. Apabila seorang pemain tim serang bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh oleh tim jaga, maka tim serang, dinyatakan sebagai pemenang dan mendapatkan poin.
8.  Setelah selesai bermain siswa diajak masuk kembali kedalam kelas
9.  Guru membagi siswa kedalam lima kelopok yang masing- masing terdiri dari enam anak.
10. Masing-masing kelompok mendiskusikan permainan yang telah dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang telah disiapkan oleh guru, diantara pertanyaannya adalah:
a.     Permainan tradisional apakah yang kamu pilih?
b.    Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
c.     Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapa memenangkan permainan itu?
d.    Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saa kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
e.     Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?
f.     Apakah hal baik tersebut sudah sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila?     

10.   Setelah diskusi guru memperlihatkan gambar pancasila
11.   Siswa menganalisis makna sila-sila dari Pancasila dengan  menganalisis gambar dan membaca teks
12.   Siswa diajak untuk menghubungkan hal-hal baik yang didapatkan dari permainan dengan nilai-nilai Pancasila.
13.   Siswa menulis cerita tentang pengalamannya bermain salah satu permainan tradisional.
14.   Siswa diingatkan untuk memasukkan hal-hal berikut dalam tulisannya.
Hal-hal yang harus ditulis adalah:
a.      aturan permainan;
b.     cara permainan;
c.      strategi permainan;
d.     nilai-nilai yang dipelajari; dan
e.      manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
(Penilaian no. 2)
15.   Siswa dalam kelompok kecil diminta untuk mengamati contoh poster yang ada pada buku siswa.
16.   Siswa diarahkan untuk mengamati poster sesuai dengan harapan dengan menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
17.   Siswa mengemukakan hasil diskusi kelompok.
Siswa dalam kelompok lain memberikan tanggapan.
18.   Siswa diberi penjelaskan kriteria poster yang baik.
(Penilaian no. 3)
19.   Siswa membuat poster dengan tema “Walaupun Berbeda-beda, Kita adalah Satu”.









Penutup
1.     Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Perenungan
4.     Pengayaan
5.     Melakukan penilaian hasil belajar
6.     Mengajak semua siswa berdo’a (untuk menutup kegiatan pembelajaran)


15 menit



H.             SUMBER DAN  MEDIA
·       Gambar
·       Buku Guru Tematik Kelas IV
·       Buku Siswa Tematik Kelas IV
·       Kartu
·       Beberapa poster dan tempat untuk bermain Gobak sodor atau Benteng.

I.        PENILAIAN
1.     Prosedur penilaian
b.     Tes awal                   : ada
c.      Tes dalam proses     : ada
d.     Tes akhir                  : ada
2.     Jenis tes/bentuk
a.      Tes awal                    : Soal isian
b.     Tes dalam proses      : Pengamatan
c.      Tes akhir                   : Menuliskan pengalaman dan unjuk kerja
3.       Alat tes
a.    Tes awal                   :
b.   Tes dalam proses  & Tes Akhir   :

1)    Kegiatan mempraktikkan permainan tradisional dinilai dengan menggunakan daftar periksa. (PJOK)
No
Kriteria
    
Ketercapaian
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu bermain gobak sodordan galasin dengan aturan yang benar.


2.
Siswa mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain.


3.
Siswa mampu bermain gobak sodordan galasin dengan aturan yang benar.


4.
Siswa mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain.


Skor =

1.      2.5
2.      2.5
3.      2.5
4.      2.5
Jumlah maksimal = 10
NILAI =    jumlah Skor  yang diperoleh        x   10    
                               Jumlah skor maksimal                                     


N0

NAMA
KRITERIA

SKOR

NILAI
1
2
3
4
1.
M Sukron Ma’mun






2.
M. Azizul Hakim






3.
Mochamad Aldi Nugroho






4.
Muhammad Ibnu Sifa






5.
M. Mahfud Hanif






6.
M. Nurudin Umar






7.
M. Ma’sum .M






8.
Muhara Alleyuia Hafsha






9.
Nadia Ayu Irmawati






10.
Nasywa Rosa Aurelia.S






11.
Nola Farizatun Nabila






12.
Rafida Yanti






13.
Reni Hamidatul Umah






14.
Risma Levia. A. P.






15.
Shakila Ramadhani






16.
Sheva Putri Triantoro






17.
Shofi’ulloh Khaqiqi






18.
Tsania Fatimatuzzahra






19.
Ulifatul Jazila






20.
Ulil Wafiyah






21.
Zahra Amelia






22.
Zaky Ahmad Maului






23.
Al- Bani Rizky






24.
Hasan Ali Zaky






25.
Erma Puspita Sari















2)    Kegiatan menuliskan pengalaman dinilai dengan daftar periksa. (IPS)
No
Kriteria
    
Ketercapaian

Ya
Tidak
1.
Siswa mampu menuliskan aturan permainan dengan benar.


2.
Siswa mampu menuliskan cara permainan dengan benar.


3.
Siswa mampu menuliskan strategi permainan dengan benar.


4.
Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada
saat mempraktikkan permainan tradisional serta manfaatnya
dengan benar





Skor =
1.      2.5
2.      2.5
3.      2.5
4.      2.5
Jumlah skor maksimal = 10
NILAI  =    jumlah Skor  yang diperoleh        x   10    
                        Jumlah skor maksimal                                     

misal  =    7.5 x10 =  75
                   10


N0

NAMA
KRITERIA

SKOR

NILAI
1
2
3
4
1.
M Sukron Ma’mun






2.
M. Azizul Hakim






3.
Mochamad Aldi Nugroho






4.
Muhammad Ibnu Sifa






5.
M. Mahfud Hanif






6.
M. Nurudin Umar






7.
M. Ma’sum .M






8.
Muhara Alleyuia Hafsha






9.
Nadia Ayu Irmawati






10.
Nasywa Rosa Aurelia.S






11.
Nola Farizatun Nabila






12.
Rafida Yanti






13.
Reni Hamidatul Umah






14.
Risma Levia. A. P.






15.
Shakila Ramadhani






16.
Sheva Putri Triantoro






17.
Shofi’ulloh Khaqiqi






18.
Tsania Fatimatuzzahra






19.
Ulifatul Jazila






20.
Ulil Wafiyah






21.
Zahra Amelia






22.
Zaky Ahmad Maului






23.
Al- Bani Rizky






24.
Hasan Ali Zaky






25.
Erma Puspita Sari
















3)    Unjuk Kerja
kegiatan membuat poster dinilai dengan rubrik (PPKn)
Nama: ___________   Hari/Tanggal: __________________________
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Perlu berlatih lagi
Bahasa
Siswa dapat membuatdan menggunakan
bahasa ajakan yangtepat dan informatif,serta mandiri saat
mengerjakannya.








 (4)
Siswa dapat membuat
dan menggunakan
bahasa ajakan yang
tepat dan informatif,
namun belum
sepenuhnya mandiri saat
mengerjakannya.




(3)
Siswa dapat membuat dan menggunakan bahasa
ajakan yang tepat, namun
belum informatif dan
belum sepenuhnya mandiri
saat mengerjakannya.


(2)
Siswa belum dapat
membuat dan
menggunakan bahasa ajakan yang tepat dan
belum informatif serta
belum mandiri saat
mengerjakannya





(1)
Gambar
Siswa dapat membuat
gambar yang sesuai
dengan kalimat yang
dibuat serta ukuran
yang seimbang dengan
bidang kertas.









(4)
Siswa dapat membuat
gambar yang sesuai
dengn kalimat yang
dibuatnya, namun ukuran
gambar masih belum
sesuai dengan bidang
kertas.


(3)
Siswa belum dapat
membuat gambar yang
sesuai dengan kalimat
yang dibuat, walaupun
ukuran gambar sesuai
dengan bidang kertas.
(2)

Siswa belum dapat
membuat gambar yang
sesuai dengan kalimat
yang dibuat serta ukuran
gambar belum sesuai
dengan bidang kertas



(1)
Kerapian
Siswa dapat menuliskan
dan mewarnai gambar
dengan rapi serta
menarik dan dapat
menjaga kebersihan
kertas kerja.








(4)

Siswa dapat menuliskan
dengan rapi dan
mewarnai gambar tidak
melebihi garis gambar,
namun dalam menjaga
kebersihan kertas kerja
belum maksimal(kotor
dan ada coretan )

(3)
Siswa dapat menulis
dengan rapi, namun dalam
mewarnai belum rapi dan
kebersihan kertas kerja
belum terjaga.





(2)
Siswa belum dapat
menulis dengan rapi dan
dalam mewarnainya pun
masih melebihi garis
gambar serta kebersihan
kertas kerja belum
terjaga.


(1)

Sekor maksimal = 12
NILAI =    jumlah Skor  yang diperoleh        x   10   
                     Jumlah skor maksimal                                   






N0

NAMA
Bahasa
Gambar
Kerapian

SKOR

NILAI
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
M Sukron Ma’mun














2.
M. Azizul Hakim














3.
Mochamad Aldi Nugroho














4.
Muhammad Ibnu Sifa














5.
M. Mahfud Hanif














6.
M. Nurudin Umar














7.
M. Ma’sum .M














8.
Muhara Alleyuia Hafsha














9.
Nadia Ayu Irmawati














10.
Nasywa Rosa Aurelia.S














11.
Nola Farizatun Nabila














12.
Rafida Yanti














13.
Reni Hamidatul Umah














14.
Risma Levia. A. P.














15.
Shakila Ramadhani














16.
Sheva Putri Triantoro














17.
Shofi’ulloh Khaqiqi














18.
Tsania Fatimatuzzahra














19.
Ulifatul Jazila














20.
Ulil Wafiyah














21.
Zahra Amelia














22.
Zaky Ahmad Maului














23.
Al- Bani Rizky














24.
Hasan Ali Zaky














25.
Erma Puspita Sari
































4)    Penilaian sikap

Minggu ke-1 Bulan Agustus 2014
Subtema : Keberagaman Budaya Bangsaku

No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku


Skor


Nilai
Toleransi
Tekun
Teliti
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
M Sukron Ma’mun














2.
M. Azizul Hakim














3.
Mochamad Aldi Nugroho














4.
Muhammad Ibnu Sifa














5.
M. Mahfud Hanif














6.
M. Nurudin Umar














7.
M. Ma’sum .M














8.
Muhara Alleyuia Hafsha














9.
Nadia Ayu Irmawati














10.
Nasywa Rosa Aurelia.S














11.
Nola Farizatun Nabila














12.
Rafida Yanti














13.
Reni Hamidatul Umah














14.
Risma Levia. A. P.














15.
Shakila Ramadhani














16.
Sheva Putri Triantoro














17.
Shofi’ulloh Khaqiqi














18.
Tsania Fatimatuzzahra














19.
Ulifatul Jazila














20.
Ulil Wafiyah














21.
Zahra Amelia














22.
Zaky Ahmad Maului














23.
Al- Bani Rizky














24.
Hasan Ali Zaky














25.
Erma Puspita Sari














Keterangan :
BT    : Belum Terlihat
MT   : Mulai Terlihat
MB   : Mulai Berkembang
M     : Membudaya
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.

Sekor maksimal = 12
NILAI =    jumlah Skor  yang diperoleh        x   10   
                     Jumlah skor maksimal       

                           
Nilai Akhir

Hari/Tanggal           : Kamis, 7 Agustus 2014
Kelas/Semester        : IV (Saad bin Abi Waqos)/ I
Tema / Sub tema     : Indahnya Kebersamaan/ Keberagaman Budaya Bangsaku
.
Jumlah peserta
Skala Nilai
Skor Maksimal
KKM
25
100
400
70




N0

NAMA
Jenis Penilaian

JML
Skor

NILAI
Ketuntasan
1
2
3
4

1.
M Sukron Ma’mun







2.
M. Azizul Hakim







3.
Mochamad Aldi Nugroho







4.
Muhammad Ibnu Sifa







5.
M. Mahfud Hanif







6.
M. Nurudin Umar







7.
M. Ma’sum .M







8.
Muhara Alleyuia Hafsha







9.
Nadia Ayu Irmawati







10.
Nasywa Rosa Aurelia.S







11.
Nola Farizatun Nabila







12.
Rafida Yanti







13.
Reni Hamidatul Umah







14.
Risma Levia. A. P.







15.
Shakila Ramadhani







16.
Sheva Putri Triantoro







17.
Shofi’ulloh Khaqiqi







18.
Tsania Fatimatuzzahra







19.
Ulifatul Jazila







20.
Ulil Wafiyah







21.
Zahra Amelia







22.
Zaky Ahmad Maului







23.
Al- Bani Rizky







24.
Hasan Ali Zaky







25.
Erma Puspita Sari

















NILAI  Akhir =    jumlah Nilai           
                      4

                                                                                          Semarang, 07 Agustus 2014
Guru Pamong                                                                   Guru Praktek


( Zaenal Arifin, M.Ag )                                                        ( Linawati )


Mengetahui

                  DPL                                                                Kepala MI Darul Ulum


(Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M.Ag)                          ( Nurul Qomariyah, M.S.I)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar