Sabtu, 20 September 2014

RPP Bahasa Indonesia kelas 5 SD/MI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Madrasah              :     MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Mata Pelajaran                :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :     V (Salman al Farisi )/ I
Standar Kompetensi       :     1.Mendengarkan
                                                     Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat  secara lisan.
Waktu                               :     2 X 35 Menit


MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.1.Menanggapi penjelasan narasumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
B.    Indikator
1.1.1   Peserta didik dapat mendengarkan penjelasan narasumber.
1.1.2   Peserta didik dapat menuliskan pokok-pokok pikiran dari penjelasan narasumber.
1.1.3   Peserta didik dapat membuat pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pikiran pada teks penjelasan narasumber.
1.1.4   Peserta didik dapat menanggapi penjelasan narasumber.

C.    Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran di harapkan :
1.       Peserta didik dapat mendengarkan penjelasan narasumber.
2.       Peserta didik dapat menuliskan pokok-pokok pikiran dari penjelasan narasumber.
3.     Peserta didik dapat membuat pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pikiran pada teks penjelasan narasumber.
4.       Peserta didik dapat menanggapi penjelasan narasumber.
v Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Pokok
§  Teks Penjelasan narasumber
1.     Mencatat pokok-pokok pikiran
2.     Mengajukan pertanyaan ( mengapa & bagaimana)
3.     Menanggapi isi penjelasan


E.    Pendekatan dan Metode
Pendekatan    :   Scientific
Metode          :   Tanya jawab,diskusi,penugasan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendahuluan
1.     Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmallah.
2.     Absensi siswa
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.     Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
K


K
K

15 menit
Inti
1.     Peserta didik mengamati Gambar –gambar narasumber (mengamati)
2.     Guru mendorong peserta didik untuk menanyakan hasil pengamatan pada gambar-gambar tersebut. (menanya)
3.     Guru membagi kelompok diskusi menjadi 5 kelompok
4.     Guru membacakan informasi yang disampaikan narasumber
5.     Peserta didik menyimak informasi narasumber (mendengarkan)
6.      Peserta didik membaca teks informasi narasumber(mengumpulkan data)
7.     Peserta didik mencari pokok-pokok pikiran pada teks informasi narasumber (analisis)
8.     Peserta didik mencatat pokok-pokok pikiran dari teks informasi narasumber(eksperimen)
9.     Peserta didik membaca teks tentang cara membuat pertanyaan (mengumpulkan data)
10.  Peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan penjelasan narasumber (eksperimen)
11.  Peserta didik mengamati dan membaca contoh-contoh tanggapan berupa saran, pertanyaan dan pendapat berdasarkan penjelasan narasumber (observasi)
12.  Peserta didik memberikan tanggapan berupa saran, pertanyaan dan pendapat (asosiasi)
13.  Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas (komunikasi)
K

K

K

K
K

G

G

I


K


I




K




I



K
40 menit
























Penutup
1.     Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
2.     Guru memberikan penguatan materi yang telah dipelajari
3.     Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran hari ini.
4.     Pemberian tugas PR
5.     Guru menutup pembelajaran dengan membaca Hamdallah.
K

K

K
K
K
15 menit


G.   Sumber dan Media
§  Sumber Belajar   :  Teks, bacaan  penjelasan narasumber, Buku Indahnya Bahasa dan                                 Sastra Indonesia untuk SD/MI  Kelas V

H.    Penilaian
1.     Prosedur penilaian
a.    Tes awal                   :    ada
b.   Tes dalam proses     :    ada
c.    Tes Akhir                 :    ada
2.     Jenis Tes/Bentuk
a.    Tes awal                   :    tanya jawab lisan
b.   Tes dalam proses     :    Sikap
c.    Tes akhir                  :    Essay


3.     Alat Tes
a.    Tes awal                   :    Siapakah narasumber yang diwawancarai oleh intan?
                                     Apa saja pokok pikiran yang dijelaskan oleh narasumber?
                                     Bagaimana tanggapanmu terhadap penjelasan narasumber?
b.   Tes dalam proses     :   
 
Hari/Tanggal         : Rabu, 27 Agustus 2014
Kelas/Semester     : V Salman al Farisi / I
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
 Kompetensi dasar : 1.1 Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa

No
Nama Siswa
Kriteria
Jumlah
Skor
Nilai
Keaktifan
Tanggug jawab
Tekun
1
M. Ardy Putra Pratama





2
M. Bagus Setiawan





3
M. Khilmi Abdullah





4
Mujiyatul Suri Anjani





5
Novia Handayani





6
Novita Dwi Anggraeni





7
Nursyid Ali Wahab





8
Nurul Melia Ardani





9
Putri Laelatul Munawaroh





10
Putri Regina Aryani





11
Ria Dwi Rahmawati





12
Rifqi Ahmad Qodikun Nuha





13
Rima Argiyanti





14
Rizki Amalia Choir





15
Yusuf Dian Saputra





16
Ardina Rasita Fitriyani





17
Ramadhani Aditya





18
Shenady Emadhea





19
Dimas Arga Prasetya





20
Muhammad Zaki Nur Rosyid





Rentang Skor        :           1-3
1    =          Kurang
2    =          cukup
3    =          Baik
Skor maksimal      :           9

NILAI  =    jumlah Skor  yang diperoleh        x   100 
                             Jumlah skor maksimal                  












c.    Tes akhir
Instrumen soal

Nama                     :
Hari/Tanggal         :   Rabu, 27 Agustus 2014
Kelas/Semester     :   V Salman al Farisi / I
Mata Pelajaran      :   Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar  :   1.1 Menanggapi penjelasan nara sumber                                                                               (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan                       santun berbahasa

Teks penjelasan narasumber

Pada suatu pagi, Adi diajak pamannya ke tambak. Di sana, Adi mendengarkan penjelasan cara mengolah tanah untuk budi daya udang.
Berikut ini penjelasan pamannya.

”Begini Adi, langkah awal untuk melakukan usaha tambak udang adalah
membuat areal tambak. Areal tersebut harus sesuai dengan kapasitas produksi.
Setelah itu, dilanjutkan dengan pengelolaan tanah sebagai berikut.
a.  Sebelum diisi air, tanah dikeringkan selama 7–9 hari sampai tanah dasar retakretak
sedalam 1–2 cm. Namun, jangan sampai tanah tersebut berdebu.
b.  Lumpur  harus diangkut dan dibuang ke pematang.
c.  Sambil menunggu tanah dasar kering, kita dapat melakukan pekerjaan lainnya.
              Pekerjaan lain itu, misalnya, perbaikan pintu air, perbaikan pematang, saringan
     atau saluran pemasukan air, dan menutup kebocoran.

 Tujuan pengelolaan tersebut adalah sebagai berikut.
a.       Menguraikan bahan organik yang tertimbun di tanah dasar agar menjadi mineral
       penyubur tanah dan mendorong pertumbuhan makanan alami.
b.   Menghilangkan senyawa asam sulfida (H2S) dan senyawa yang beracun.
c.    Memberantas ikan liar, hama, dan penyakit.
d.    Mendorong pertumbuhan pakan alami.

Demikian Adi, cara pengelolaan tanah untuk budi daya udang.

I.    Berdasarkan teks penjelasan narasumber di atas, kerjakan soal dibawah ini di buku tugasmu !
1.   Tuliskanlah hal-hal penting dari penjelasan narasumber!
2.   Buatlah 3 pertanyaan berdasarkan penjelasan narasumber !
3.   Buatlah tanggapan berupa saran, pertanyaan dan pendapat berdasarkan penjelasan narasumber !






Kunci Jawaban

1   a.Langkah awal untuk melakukan usaha tambak udan adalah membuat areal tambak
     b. Area harus sesuai dengan kapasitas produksi
     c. pengolahan tanh harus benar-benar diperhatikan yaitu sebelum diberi ir tanah hendaknya                               dikeringkan sampai dasa tanah retak 1-2 cm
     d.  Lumpur diangkut dan dibuang ke pematang
     e.  tujuan pengelolaan untuk menguraikan bahan organik yang tertimbun ditanah dasar agar menjadi mineral penyubur tanah, menghilangkan senyawa beracun, memberantas ikan liar dan penyakit
2.  a. Mengapa perlu adanya pengelolaan areal sebelum pemakaian tambak?
     b. Bagaimana cara pengolahan areal tambak ?
     c. Mengapa penyuburan tanah pada areal tambak perlu diperhatikan ?
3. a. Bagaimana cara Pembuatan areal  tambak udang?
     b. Sebaikknya selain pengolahan tanah pada areal tambk, pemberian makanan yang cukup                            juga perlu diperhatikan.
  c. menurut pendapat saya, areal tambak harus benar-benar diolah dengan baik , bukan       cuma tanahnya saja akan tetapi pintu air dan saringan saluran pemasukan air juga                   harus selalu dikontrol

Rumus penilaian
A.    Rentang skor      :    No 1  =   10-40
                                No 2  =   10-30
                                No 3  =   10-30

Skor maksimal : 100

NILAI  =    jumlah Skor  yang diperoleh        x   100  
                        Jumlah skor maksimal          

 LEMBAR PENILAIAN TES TERTULIS
No
Nama Siswa
Nomor
Jumlah
Skor
Nilai
1
2
3
1
M. Ardy Putra Pratama





2
M. Bagus Setiawan





3
M. Khilmi Abdullah





4
Mujiyatul Suri Anjani





5
Novia Handayani





6
Novita Dwi Anggraeni





7
Nursyid Ali Wahab





8
Nurul Melia Ardani





9
Putri Laelatul Munawaroh





10
Putri Regina Aryani





11
Ria Dwi Rahmawati





12
Rifqi Ahmad Qodikun Nuha





13
Rima Argiyanti





14
Rizki Amalia Choir





15
Yusuf Dian Saputra





16
Ardina Rasita Fitriyani





17
Ramadhani Aditya





18
Shenady Emadhea





19
Dimas Arga Prasetya





20
Muhammad Zaki Nur Rosyid






LEMBAR NILAI AKHIR

Hari/Tanggal        :    Rabu, 27 Agustus 2014
Kelas/Semester    :    V Salman al Farisi / I
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar     :       1.1 Menanggapi penjelasan nara sumber                                                                                                 (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan                                        santun berbahasa
No
Nama Siswa
Kriteria
JML
Nilai rata-rata

Ketuntasan
Tertulis
Sikap
1
M. Ardy Putra Pratama





2
M. Bagus Setiawan





3
M. Khilmi Abdullah





4
Mujiyatul Suri Anjani





5
Novia Handayani





6
Novita Dwi Anggraeni





7
Nursyid Ali Wahab





8
Nurul Melia Ardani





9
Putri Laelatul Munawaroh





10
Putri Regina Aryani





11
Ria Dwi Rahmawati





12
Rifqi Ahmad Qodikun Nuha





13
Rima Argiyanti





14
Rizki Amalia Choir





15
Yusuf Dian Saputra





16
Ardina Rasita Fitriyani





17
Ramadhani Aditya





18
Shenady Emadhea





19
Dimas Arga Prasetya





20
Muhammad Zaki Nur Rosyid





NILAI  =    jumlah nilai       
                            2                  
                                                                                                      Semarang, 27 Agustus 2014
Guru Pamong                                                                             Guru Praktek



( Zaenal Arifin, M.Ag )                                                                  ( Linawati )

Mengetahui

                  DPL                                                                               Kepala MI Darul Ulum




(Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M.Ag)                                 ( Nurul Qomariyah, M.S.I)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar