Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mngenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu
bahasa
C.
INDIKATOR
1.1 Mengetahui Sejarah Perjuangan
Indonesia
1.2 Mengetahui makna Bhineka
Tunggal Ika pentingnya persatuan
1.3 Menyebutkan Organisasi pemuda
Indonesia
1.4 Mengetahui Kongres pemuda I
dan Konggres pemuda II
1.5 Menyebutkan isi Sumpah Pemuda
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Siswa dapat mengetahui
Sejarah Perjuangan Indonesia
b. Siswa dapat mengetahui makna
Bhineka Tunggal Ika pentingnya persatuan
c. Siswa dapat menyebutkan
Organisasi pemuda Indonesia
d. Siswa dapat mengetahui
Kongres pemuda I dan Konggres pemuda II
e. Siswa dapat menyebutkan isi
Sumpah Pemuda
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D. INDIKATOR
·
Siswa dapat mengenal makna Satu
Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa;
·
Siswa dapat membaca teks Sumpah
Pemuda.
E. MATERI
·
Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa.
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak
berdinamika dengan “tepuk Semangat dan Tepuk anak cerdas, Tepuk Persatuan”
4.
Mengajak siswa untuk menyanyi “Aku anak Indonesia/ Satu Nusa Satu Bangsa”
5.
Meminta
informasi dari siswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi yang akan
disampaikan.
6.
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
|
15 menit
|
|
Inti
|
|
75 menit
|
|
|
1.
Guru Memberikan Beberapa gambar/Video;
2.
Siswa
mengamati gambar/Video tersebut(observasi)
;
3.
Guru mememberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati
gambar (Bertanya);
4.
Guru Menyampaikan materi tentang Satu Nusa satu Bangsa
5.
Guru Membacakan Ikrar Sumpah pemuda diikuti oleh siswa
6.
Siswa Menulis ikrar Sumpah pemuda pada pada kertas dan menghiasnya
7.
Siswa menempelkan hasil pekerjaanya.
8.
Disajikan teks materi tentang
makna satu nusa satu bangsa
9.
Siswa membaca teks Materi dan mendiskusikan secara kelompok, (asosiasi)
10. Siswa menyampaikan hasil Diskusi
di depan kelas (komunikasi)
11. Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
12. Guru memberikan Soal
individu
13. Siswa Berpikir mencari
jawaban soal (Analisis)
|
|
|
|
|
||
|
|||
|
|||
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Perenungan
4.
Pengayaan
5.
Melakukan
penilaian hasil belajar
6.
Mengajak
semua siswa berdo’a (untuk menutup kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN
MEDIA
·
Gambar/Video
·
Buku PKn kelas III
·
Teks Bacaan
I.
PENILAIAN
v Kriteria Penilaian
1. Prosedur Tes
F Tes awal : ada dalam apersepsi
F Tes dalam proses : ada dalaim kegiatan inti
F Tes akhir : ada dalam
kegiatan akhir
2. Jenis Tes
F Tes tertulis
F Produk (hasil diskusi)
3. Bentuk Tes
Pilihan Ganda
4. Alat penilaian
F Lembar Kerja Siswa ( terlampir
)
F Soal uji kompetensi ( terlampir )
F Kunci jawaban ( terlampir )
LEMBAR
PENILAIAN HASIL DISKUSI (PRODUK)
Hari/Tanggal : Sabtu,
16 Agustus 2014
Kelas/Semester : III
Ali bin Abi Thalib/ I
Mata Pelajaran : Pkn
Materi : Makna satu Nusa dan Satu Bangsa
No
|
Nama Siswa
|
Nomor
soal
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.
|
M.
Abdul Rozak
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Nur
Hanif
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Amin
Rizki Risdianto
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Awan
Wada Hasan K
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
M.
Nur Adib K Rijal
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ali
Manaf Najib
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Aditya
Juleonova Ericson
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Anggun
Nicki Wulandari
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Aris
Mandala Aulia R
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Ariya
Dimas Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Arvan
Rijal Al-Mustadad
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Dafa
Aulia Firmansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Himatul
Aliyah
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Jaksa
M. Rohman
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
M.
Anjari Choiri
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
M.
Bachtiyar Ibnu P
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
M.
Faris Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
M.
Wildan As-Syidiq
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
M.
Akbar Rafi
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Virca
Nauvalia Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
Yuniar
Tri Olivia
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
Rizki
Fadila
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal : 10

Jumlah skor maksimal
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Hari/Tanggal : Sabtu, 16 Agustus 2014
Kelas/Semester : III Ali bin Abi Thalib/ I
Mata Pelajaran : Pkn
Materi : Makna satu Nusa dan Satu Bangsa
No
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
Jml Skor
|
Nilai
|
||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Ketertiban
|
||||
1.
|
M.
Abdul Rozak
|
|
|
|
|
|
2.
|
Nur
Hanif
|
|
|
|
|
|
3.
|
Amin
Rizki Risdianto
|
|
|
|
|
|
4.
|
Awan
Wada Hasan K
|
|
|
|
|
|
5.
|
M.
Nur Adib K Rijal
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ali
Manaf Najib
|
|
|
|
|
|
7.
|
Aditya
Juleonova Ericson
|
|
|
|
|
|
8.
|
Anggun
Nicki Wulandari
|
|
|
|
|
|
9.
|
Aris
Mandala Aulia R
|
|
|
|
|
|
10.
|
Ariya
Dimas Saputra
|
|
|
|
|
|
11.
|
Arvan
Rijal Al-Mustadad
|
|
|
|
|
|
12.
|
Dafa
Aulia Firmansyah
|
|
|
|
|
|
13.
|
Himatul
Aliyah
|
|
|
|
|
|
14.
|
Jaksa
M. Rohman
|
|
|
|
|
|
15.
|
M.
Anjari Choiri
|
|
|
|
|
|
16.
|
M.
Bachtiyar Ibnu P
|
|
|
|
|
|
17.
|
M.
Faris Saputra
|
|
|
|
|
|
18.
|
M.
Wildan As-Syidiq
|
|
|
|
|
|
19.
|
M.
Akbar Rafi
|
|
|
|
|
|
20.
|
Virca
Nauvalia Salsabila
|
|
|
|
|
|
21.
|
Yuniar
Tri Olivia
|
|
|
|
|
|
22.
|
Rizki
Fadila
|
|
|
|
|
|
Rentang
Skor : 2-4
Skor
maksimal : 12

Jumlah skor
maksimal
Lembar Penilaian Akhir
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Jumlah Nilai
|
Nilai
Rata-rata
|
||
Tertulis
|
Produk
|
Sikap
|
||||
1.
|
M.
Abdul Rozak
|
|
|
|
|
|
2.
|
Nur
Hanif
|
|
|
|
|
|
3.
|
Amin
Rizki Risdianto
|
|
|
|
|
|
4.
|
Awan
Wada Hasan K
|
|
|
|
|
|
5.
|
M.
Nur Adib K Rijal
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ali
Manaf Najib
|
|
|
|
|
|
7.
|
Aditya
Juleonova Ericson
|
|
|
|
|
|
8.
|
Anggun
Nicki Wulandari
|
|
|
|
|
|
9.
|
Aris
Mandala Aulia R
|
|
|
|
|
|
10.
|
Ariya
Dimas Saputra
|
|
|
|
|
|
11.
|
Arvan
Rijal Al-Mustadad
|
|
|
|
|
|
12.
|
Dafa
Aulia Firmansyah
|
|
|
|
|
|
13.
|
Himatul
Aliyah
|
|
|
|
|
|
14.
|
Jaksa
M. Rohman
|
|
|
|
|
|
15.
|
M.
Anjari Choiri
|
|
|
|
|
|
16.
|
M.
Bachtiyar Ibnu P
|
|
|
|
|
|
17.
|
M.
Faris Saputra
|
|
|
|
|
|
18.
|
M.
Wildan As-Syidiq
|
|
|
|
|
|
19.
|
M.
Akbar Rafi
|
|
|
|
|
|
20.
|
Virca
Nauvalia Salsabila
|
|
|
|
|
|
21.
|
Yuniar
Tri Olivia
|
|
|
|
|
|
22.
|
Rizki
Fadila
|
|
|
|
|
|

3
Semarang, 16 Agustus
2014
Guru Pamong Guru
Praktek
( Fitri Fatimah, S.Pd.I ) (
Linawati )
Mengetahui
DPL Kepala MI Darul Ulum
(Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M.Ag) (
Nurul Qomariyah, M.S.I)
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan : MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Kelas/Semester : II/1
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mengenal Makna Satu Nusa dan Satu Bangsa
Pelaksanaan
: 16 Agustus 2014
Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini kemudian bacalah hasil diskusi kelompok kalian di
depan kelas !
1.
Apa yang kamu
lakukan, Apabila temanmu dari daerah lain mengajak berbicara dengan bahasa
daerahnya ?
2.
Apa yang Kamu lakukan
jika temanmu bertengkar?
3.
Apa makna Bineka
Tunggal Ika ?
4.
Sebutkan Organisasi pemuda
daerah di Indonesia sebelum merdeka !
5.
Tuliskan Ikrar Sumpah
Pemuda !
Jawab
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kunci Jawaban Lembar kerja diskusi
1. Menasihati agar menggunakan
bahasa Indonesia biar teman yang lain bisa mengerti dan tidak merasa
tersinggung
2. Memisah dan menasihati agar
tidak bertengkar lagi
3. Meskipun berbedabeda akan
tetapi tetap bersatu
4. Jong Java (pemuda Jawa), Jong
Sumatranen bond Pemuda Sumatra), Jong Ambon (pemuda ambon), sekar Rukun Pemuda
(Pemuda Sunda), Pemuda kaum Betawi.
5. Kami Putra dan Putri
Indonesia bertumpah darah satu Tanah Indonesia
Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa
Indonesia
Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan , Bahasa
Indonesia
Soal Individu
Nama :
Kelas : III Ali bin Abi Thalib
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Materi : Makna
Satu Nusa Satu Bangsa
1. Penjajahan mengakibatkan bangsa Indonesia
a. Bahagia
b. Sengsara
c. Sejahtera
2. Konggres Pemuda I dilaksanakan tahun..........
a. 1920
b. 1924
c. 1926
3. Hari Sumpah pemuda diperingati setiap
tanggal.........
a. 20 Mei
b. 1 Juni
c. 28 Oktober
4. Persatuan menumbuhkan semangat...
a. Kemenangan
b. Kebersamaan
c. Kesombongan
5. Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan
benar adalah pengalamalan isi Sumpah pemuda yang ke..........
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
6. Perjuangan Pemuda perlu kita ......
a. Teladani
b. Cemooh
c. Tinggalkan
7. Kita perlu menghindari permusuhan agar
tercipta......
a. Pertengkaran
b. Pertentangan
c. Persatuan
8. Saat Upacara bendera pengibaran bendera, kita
menyanyikan lagu ....
a. Satu Nusa Satu Bangsa
b. Indonesia Raya
c. Garuda pancasila
9. Jong Java adalah organisasi pemuda berasal
dari daerah .......
a. Sumatra
b. Jawa
c. Ambon
10. Kita sebaiknya ........ dengan teman dari
daerah lain.
a. Berteman
b. Memusuhi
c. Mengancam
Kunci Jawaban
1. b
2. c
3. c
4. b
5. c
6. a
7. c
8. b
9. b
10. a
DAFTAR HADIR SISWA
Mata
Pelajaran : Pkn
Satuan Pendidikan : MI
Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Kelas/Semester : III Ali bin Abi Thalib/1
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal makna satu nusa dan satu bangsa
Pelaksanaan
: 16 Agustus 2014
No
|
Nama
|
Absen
|
Ket
|
||
S
|
I
|
A
|
|||
1
|
M.
Abdul Rozak
|
|
|
|
|
2
|
Nur
Hanif
|
|
|
|
|
3
|
Amin
Rizki Risdianto
|
|
|
|
|
4
|
Awan
Wada Hasan K
|
|
|
|
|
5
|
M.
Nur Adib K Rijal
|
|
|
|
|
6
|
Ali
Manaf Najib
|
|
|
|
|
7
|
Aditya
Juleonova Ericson
|
|
|
|
|
8
|
Anggun
Nicki Wulandari
|
|
|
|
|
9
|
Aris
Mandala Aulia R
|
|
|
|
|
10
|
Ariya
Dimas Saputra
|
|
|
|
|
11
|
Arvan
Rijal Al-Mustadad
|
|
|
|
|
12
|
Dafa
Aulia Firmansyah
|
|
|
|
|
13
|
Himatul
Aliyah
|
|
|
|
|
14
|
Jaksa
M. Rohman
|
|
|
|
|
15
|
M.
Anjari Choiri
|
|
|
|
|
16
|
M.
Bachtiyar Ibnu P
|
|
|
|
|
17
|
M.
Faris Saputra
|
|
|
|
|
18
|
M.
Wildan As-Syidiq
|
|
|
|
|
19
|
M.
Akbar Rafi
|
|
|
|
|
20
|
Virca
Nauvalia Salsabila
|
|
|
|
|
21
|
Yuniar
Tri Olivia
|
|
|
|
|
22
|
Rizki
Fadila
|
|
|
|
|
Semarang, 18Agustus 2014
Guru Pamong Guru
Praktek
( Fitri Fatimah, S.Pd.I ) (
Linawati )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar