RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Mata Pelajaran : IPA/SAINS
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu :
2 x 45 menit
Metode :
Diskusi, Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi
:
1.
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ
tubuh manusia.
1.2
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C.
Indikator
o
Siswa
dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o
Siswa
dapat Memahami istilah dari
-
Diagfragma
-
Gelambir
-
Pleura
-
Bronkus
|
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
|
D. Tujuan
Pembelajaran**:
Setelah Mengikuti
Pembelajaran diharapkan :
o
Siswa
dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o
Siswa
dapat Memahami istilah dari
-
Diagfragma
-
Gelambir
-
Pleura
-
Bronkus
|
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
|
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Materi
Essensial
Organ tubuh manusia dan
hewan
o
Alat
Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
F. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o
Stoples
plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang,
Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
G. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|||
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengajak Siswa berdo’a
o
Mengajak melakukan tepuk “ Tepuk anak Cerdas”
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(10 menit)
|
||
2.
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membagi siswa dalam
kelompok diskusi dengan kalung warna
F Memecahkan balon yang
berisi materi sambil bernyanyi balonku ada lima
F Siswa mendiskusikan materi
yang didapat
F Siswa dapat Memahami peta
konsep tentang alat pernapasan
F Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
-
Paru-paru
-
Hidung
-
Tenggorokan
F Memahami istilah dari
F Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian (respect ), Tekun ( diligence )
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memberikan kesempatan
perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi didepan kelas
F Jujur ( fairnes
), Ketelitian ( carefulness) dan Tanggung
jawab ( responsibility )
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(70 menit)
|
||
3.
Penutup
o
Mengulang
proses pernapasan
|
(10 menit)
|
||
4.
Pekerjaan
Rumah
o
–
|
|
H. Penilaian:
1. Prosedur Tes
b. Tes
awal : ada
c.
Tes dalam proses : ada
d. Tes
akhir : ada
2. Jenis
tes/bentuk
a.
Tes awal : Tanya Jawab lisan
b. Tes
dalam proses : Pengamatan
c.
Tes akhir : Isian
3.
Alat tes
a. Tes awal : Siapa yang tahu bagaimana proses bernapas pada manusia?
Apa saja alat pernapasan
pada manusia?
b.
Tes dalam proses :
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||
Keaktifan
|
Disiplin
|
Toleransi
|
||||
1.
|
M. Ardy Putra Pratama
|
|
|
|
|
|
2.
|
M. Bagus Setiawan
|
|
|
|
|
|
3.
|
M. Khilmi Abdullah
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mujiyatul Suri Anjani
|
|
|
|
|
|
5.
|
Novia Handayani
|
|
|
|
|
|
6.
|
Novita Dwi Anggraeni
|
|
|
|
|
|
7.
|
Nursyid Ali Wahab
|
|
|
|
|
|
8.
|
Nurul Melia Ardani
|
|
|
|
|
|
9.
|
Putri Laelatul Munawaroh
|
|
|
|
|
|
10.
|
Putri Regina Aryani
|
|
|
|
|
|
11.
|
Ria Dwi Rahmawati
|
|
|
|
|
|
12.
|
Rifqi Ahmad Qodikun Nuha
|
|
|
|
|
|
13.
|
Rima Argiyanti
|
|
|
|
|
|
14.
|
Rizki Amalia Choir
|
|
|
|
|
|
15.
|
Yusuf Dian Saputra
|
|
|
|
|
|
16.
|
Ardina Rasita Fitriyani
|
|
|
|
|
|
17.
|
Ramadhani Aditya
|
|
|
|
|
|
18.
|
Shenady Emadhea
|
|
|
|
|
|
19.
|
Dimas Arga Prasetya
|
|
|
|
|
|
20.
|
Muhammad Zaki Nur Rosyid
|
|
|
|
|
|
Rentang Skor : 2-4
2 = Kurang
3 = cukup
4 = Baik
Skor maksimal : 12
NILAI =
jumlah Skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
c.
Tes
Akhir
SOAL
1. Alat-alat
pernapasan pada manusia yaitu .......................
2. Sekat antara
rongga dada dan rongga perut disebut ......................
3. Selaput
tipis yang membungkus paru-paru disebut .......................
4. Yang
berfungsi menyaring udara agar bebas dari kotora adalah .......
5. Selaput
lenndir berfungsi untuk .........................
6. Cabang
tenggorokan disebut .................
7. Tempat
Pertukaran Oksigen dan karbon dioksida berada di .............
8. Cabang
Bronkus disebut ..................
9. Pernapasan
dengan bantuan antar tulang rusuk disebut ..................
10.
Pernapasan dengan bantuan selaput rongga dada disebut ..............
KUNCI JAWABAN
1.
Hidung,
Bronkus, Bronkiolus, Paru-paru
2.
Diafragma
3.
Pleura
4.
Rambut-rambut
halus pada hidung
5.
Menjaga keseimbangan suhu tubuh
6.
Bronkus
7.
Alveolus
8.
Bronkiolus
9.
Pernapasan
dada
10.
Pernapasan
perut
LEMBAR PENILAIAN
SOAL ISIAN
Hari/Tanggal : Senin, 11 Agustus 2014
Kelas/Semester : V Salman al Farisi/ I
Mata Pelajaran : IPA/Sains
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi fungsi
organ tubuh manusia
Jumlah
peserta
|
Skala
Nilai
|
Skor
Maksimal
|
KKM
|
20
|
100
|
20
|
70
|
No
|
Nama Siswa
|
No Soal
|
Jml Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||||
1.
|
M. Ardy Putra Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
M. Bagus Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
M. Khilmi Abdullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mujiyatul Suri Anjani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Novia Handayani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Novita Dwi Anggraeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Nursyid Ali Wahab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Nurul Melia Ardani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Putri Laelatul Munawaroh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Putri Regina Aryani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Ria Dwi Rahmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Rifqi Ahmad Qodikun Nuha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Rima Argiyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Rizki Amalia Choir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Yusuf Dian Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Ardina Rasita Fitriyani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Ramadhani Aditya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Shenady Emadhea
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Dimas Arga Prasetya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Muhammad Zaki Nur Rosyid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI
= jumlah Skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
LEMBAR PENILAIAN AKHIR
Hari/Tanggal : Senin, 11 Agustus 2014
Kelas/Semester : V Salman al Farisi/ I
Mata Pelajaran : IPA/Sains
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi fungsi
organ tubuh manusia
Jumlah
peserta
|
Skala
Nilai
|
Skor
Maksimal
|
KKM
|
20
|
100
|
200
|
70
|
No
|
Nama Siswa
|
Jenis
tes
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
|
Proses
|
Isian
|
|
||||
1
|
M.
Ardy Putra Pratama
|
|
|
|
|
|
2
|
M.
Bagus Setiawan
|
|
|
|
|
|
3
|
M.
Khilmi Abdullah
|
|
|
|
|
|
4
|
Mujiyatul
Suri Anjani
|
|
|
|
|
|
5
|
Novia
Handayani
|
|
|
|
|
|
6
|
Novita
Dwi Anggraeni
|
|
|
|
|
|
7
|
Nursyid
Ali Wahab
|
|
|
|
|
|
8
|
Nurul
Melia Ardani
|
|
|
|
|
|
9
|
Putri
Laelatul Munawaroh
|
|
|
|
|
|
10
|
Putri
Regina Aryani
|
|
|
|
|
|
11
|
Ria
Dwi Rahmawati
|
|
|
|
|
|
12
|
Rifqi
Ahmad Qodikun Nuha
|
|
|
|
|
|
13
|
Rima
Argiyanti
|
|
|
|
|
|
14
|
Rizki
Amalia Choir
|
|
|
|
|
|
15
|
Yusuf
Dian Saputra
|
|
|
|
|
|
16
|
Ardina
Rasita Fitriyani
|
|
|
|
|
|
17
|
Ramadhani
Aditya
|
|
|
|
|
|
18
|
Shenady
Emadhea
|
|
|
|
|
|
19
|
Dimas
Arga Prasetya
|
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad
Zaki Nur Rosyid
|
|
|
|
|
|
Nilai = jumlah skor : 2
Semarang, 11 Agustus
2014
Guru Pamong Guru
Praktek
( Zaenal Arifin, M.Ag ) (
Linawati )
Mengetahui
DPL Kepala
MI Darul Ulum
(Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M.Ag) ( Nurul Qomariyah,
M.S.I)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar