Minggu, 16 Maret 2014

Strategi Pembelajaran di MI






TUGAS
STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI MI
 (DOSEN : Drs. Ikhrom, M.Ag)






 Disusun Oleh :
LINAWATI
Kelas A
No : 16


PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN
LPTK IAIN WALISONGO SEMARANG
TAHUN 2013/2014


 



































STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI MI

1.   Kelas                     :   IV
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Unsur-Unsur cerita

Kompetensi Dasar
3.4  Menggali informasi dari teks cerita  petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.4.1 Menemukan unsur unsur cerita dari teks cerita petualangan “Semut dan Belalang”

Strategi Pembelajaran
Ø  Cooperative Learning Model Jigsaw

Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Siswa dikelompokkan kedalam Tim (kelompok asal) sebanyak bagian materi/ sub Bab yang akan di bahas
Ø  Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
Ø  Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian materi/sub Bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (Kelompok Ahli) untuk mendiskusikan sub Bab mereka.
Ø  Setelah selesai berdiskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub Bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya  mendengarkan dengan sungguh-sungguh
Ø  Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
Ø  Guru Memberi evaluasi
Ø  Penutup (Membuat Kesimpulan)







2.   Kelas                     :   IV
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Luas Bangun Datar

Kompetensi Dasar
3.9 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi

Indikator
3.9.1 Menjelaskan konsep luas bangun datar segitiga
3.9.2 Menjelaskan konsep luas bangun datar persegi dan persegi panjang

Strategi Pembelajaran
Ø  Make a Match
Ø                 
Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep tentang bangun datar
Ø  Setiap siswa mendapatkan satu buah kartu yang bertuliskan soal atau jawaban
Ø  Sebelum siswa mencari pasangan pertanyaan –jawaban yang cocok, guru dan siswa membuat aturan termasuk memikirkan waktunya
Ø  Guru memberika aba-aba sebagai tand keegiatan dimulai
Ø  Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartuya
Ø  Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya sebelum batas waktu diberi poin
Ø  Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (Tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapat hukuman yang telah disepakati bersama
Ø  Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yangg berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
Ø  Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran.







3.   Kelas                     :   IV
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Daur Hidup Hewan (metamorfosis)

Kompetensi Dasar
3.2  Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup

Indikator
3.2.1       Mengurutkan daur hidup Nyamuk dalam bentuk bagan
3.2.2       Mengurutkan daur hidup katak dalam bentuk bagan

Strategi Pembelajaran
Ø  Picture to picture

Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
Ø  Menyajikan materi sebagai pengantar
Ø  Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
Ø  Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
Ø  Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
Ø  Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
Ø  Kesimpulan/rangkuman












4.   Kelas                     :   IV
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya

Indikator
3.1 Menyebutkan bagian-bagian luar tubuh hewan dan tumbuhan
3.2 Menyimpulkan tentang fungsi batang pada tumbuhan

Strategi Pembelajaran
Ø  Mind Mapping                       

Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
Ø  Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban.
Ø  Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
Ø  Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusinya.
Ø  Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
Ø  Dari data-data di papan, siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru.












5.   Kelas                     :   IV
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Macam-macam Sumber Energi

Kompetensi Dasar
4.14 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator
4.14.1  Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan menempel  ber dasar kan  instruksi tertulis secara mandir

Strategi Pembelajaran
Ø  Project Based Learning

Langkah-Langkah Penerapan
o   Guru Memberitahukan kepada siswa tentang proyek yang akan dikerjakan
o   Guru membentuk kelompok-kelompok kecil yang nantinya akan bekerjasama untuk menggali informasi yang diperlukan untuk menjalankan proyek
o   Guru mendoro ng peserta didik untuk melakukan penggalian informasi yang diperlukan, kalu perlu guru memfasilitasi dengan menyediakan buku, bahkan bacaan, video Tu bahkan mendampingi siswa mencari informasi di internet.
o   Guru mendorong peserta didik untuk menyajikan infomasi yang diperoleh kedalam satu brntuk yang paling mereka sukai
o   Guru mendorong peserta didik untuk menyajikan hasil karya meraka kepada seluruh siswa yang lain









6.   Kelas                     :   V
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Bangun ruang

Kompetensi Dasar
3.1  Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana

Indikator
3.1.1     Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

Strategi Pembelajaran
Ø  Discovery Learning
                  
Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Guru Menyampaikan beberapa contoh dan bukan contoh dari suatu konsep sehingga peserta didik merasa tertarik untuk bertanya lebih jauh
Ø  Guru mengajak peserta didil untuk menemukan macam-mcam jaring-jaring pada bangun ruang
Ø  Guru mengajak peserta didik untuk merumuskan dugaan mereka tentang konsep yang dipelajari dari contoh-contoh tersebut
Ø  Guru mengajak kelompok-kelompok untuk berbagi dugaannya dan mendiskusikan sehingga diperoleh dugaan bersama
Ø  Guru memberikan penegasan tentang maksud dari konsep itu
Ø  Guru memberikan latihan-latihan untuk memantapkan pemahaman peserta didik












7.   Kelas                     :   IV
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Selalu Berhemat Energi

Kompetensi Dasar
3.4  Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatan nya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
3.4.1 Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat ben da-benda elektronik
3.4.2  Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi bagi kehi dupan manusia

Strategi Pembelajaran
Ø  Problem Based Learning
                  
Langkah-Langkah Penerapan

Ø  Guru menjelaskan masalah pengeluaran rutin bulanan yang dihadapi oleh sekolah dengan memperhatikan biaya penggunaan listrik, air, telepon serta alat tulis kantor
Ø  Guru mendorong siswa untuk membentuk kelompok-kelompok dan mengdentifikasi hal-hal yang menyebabkan terjadinya pengeluaran yang cukup besar. Guru mendorong siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi hal-hal yang bisa dibuat hemat agar pengeluaran rutin bulanan bisa dikurangi.
Ø  Guru mendorong siswa untuk mencari informasi sesuai dengan jenis informasi yang diperlukan dan cara memperolehnya.untuk keprluan pembayaran listrik, guru bisa mengajak siswa untuk melihat titik-titik lampu dan peralatan lain yang memerlukan aliran listrik, dan mengidentifikasikan hal-hal yang bisa meringankan beban pengeluarannya. Untuk keperluan pembayaran air, guru bisa mendorong siswa untuk melihat kelemahan penggunaa iar selama ini dan mendorong ditemukannya alternatif cara mengurangi beban pengeluaran
Ø  Guru mendorong siswa untuk menalar dan erumuskan alternatif jawaban tentang masalah yang dikemukakan.
Ø  Guru meminta siswa untuk mempresentasikan ide mereka dalam memecahkan masalah, dan meminta teman lain untuk mengamati, mengomentari, mengkritisi, dan memberikan saran perbaikan.
8.   Kelas                     :   IV
Semester               :   I
Pokok Bahasan     :   Keragaman suku Bangsa dan Budaya

Kompetensi Dasar
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat

Indikator
3.4.1  Menjelaskan kebera gaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
3.4.2  Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
3.4.3  Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

Strategi Pembelajaran
Ø  Two Stay Two Stray
                  
Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Pembagian  kelompok, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang.
Ø  Setelah kelompok terbentuk, guru memberikan tugas berupa permasalahan-permasalahan yang harus mer4eka diskusikan jawabannya.
Ø  Setelah diskusi intrakelompok selesai, dua orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompokkaya untuk bertamu kepada kelompok yang lain
Ø  Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka  ke tamu mereka.
Ø  Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri-sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
Ø  Setelah kembali ke kelompok asal, baik peserta didik yang bertamu maupun mereka yang bertugas menerima tamu, mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja yang telah mereka tunaikan






9.   Kelas                     :   V
Semester               :   I
   Pokok Bahasan     :   Faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima

Kompetensi Dasar
3.4 Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima

Indikator
3.4.1 Menjelaskan konsep KPK
3.4.1 Menghitung KPK

Strategi Pembelajaran
Ø  Team Game Tournament (TGT)
                  
Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Guru menyampaikan materi pelajaran
Ø  Belajar tim, para siswa mengerjakan lembar kegiatan dalam tim mereka untuk menguasai materi
Ø  Turnamen, para siswa memainkan Game akademik dalam kemampuan yang homogen, dengan meja turnamen tiga peserta (kompetensi dengan tiga peserta)
Ø  Rekognisi, skor tim dihitung berdasarkan skor turnamen anggota tim , dan tim tersebut akan direkognisi apabila mereka berhasil melampaui kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.














10.    Kelas                   :   IV
Semester            :   I
Pokok Bahasan  :   Gaya dan gerak

Kompetensi Dasar         
3.2  Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi me lalui pengamatan, serta mendes kripsikan penerapanya dalam kehi dupan sehari-hari

Indikator
3.3.1 Menjelaskan ten tang hubungan  antara gaya dan gerak setelah melakukan  per cobaan

Strategi Pembelajaran
Ø  Snow Ball Throwing
             
Langkah-Langkah Penerapan
Ø  Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
Ø  Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
Ø  Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
Ø  Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
Ø  Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa yang lain selama +  5 menit
Ø  Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
Ø  Guru memberikan kesimpulan
Ø  Evaluasi
Ø  Penutup.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar