TUGAS
STRATEGI
PEMBELAJARAN AKTIF DI MI
(DOSEN : Drs. Ikhrom, M.Ag)
Disusun Oleh :
LINAWATI
Kelas
A
No
: 16
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN
LPTK IAIN WALISONGO SEMARANG
TAHUN 2013/2014
|
STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI MI
1.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Unsur-Unsur cerita
Kompetensi Dasar
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.4.1 Menemukan unsur unsur cerita dari
teks cerita petualangan “Semut dan Belalang”
Strategi Pembelajaran
Ø Cooperative Learning Model Jigsaw
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Siswa dikelompokkan kedalam Tim (kelompok
asal) sebanyak bagian materi/ sub Bab yang akan di bahas
Ø Tiap orang dalam tim diberi bagian materi
yang berbeda
Ø Anggota dari tim yang berbeda yang telah
mempelajari bagian materi/sub Bab yang sama bertemu dalam kelompok baru
(Kelompok Ahli) untuk mendiskusikan sub Bab mereka.
Ø Setelah selesai berdiskusi sebagai tim
ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu
tim mereka tentang sub Bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
Ø Tiap tim ahli mempresentasikan hasil
diskusi
Ø Guru Memberi evaluasi
Ø Penutup (Membuat Kesimpulan)
2.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Luas Bangun Datar
Kompetensi Dasar
3.9 Memahami
luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
Indikator
3.9.1 Menjelaskan konsep luas bangun
datar segitiga
3.9.2 Menjelaskan konsep luas bangun
datar persegi dan persegi panjang
Strategi Pembelajaran
Ø Make a Match
Ø
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep tentang
bangun datar
Ø Setiap siswa mendapatkan satu buah kartu yang bertuliskan soal atau
jawaban
Ø Sebelum siswa mencari pasangan pertanyaan –jawaban yang cocok, guru
dan siswa membuat aturan termasuk memikirkan waktunya
Ø Guru memberika aba-aba sebagai tand keegiatan dimulai
Ø Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartuya
Ø Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya
sebelum batas waktu diberi poin
Ø Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya
(Tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapat hukuman
yang telah disepakati bersama
Ø Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat
kartu yangg berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
Ø Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi
pelajaran.
3.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Daur Hidup Hewan (metamorfosis)
Kompetensi Dasar
3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis
mahluk hidup
Indikator
3.2.1 Mengurutkan daur hidup Nyamuk dalam
bentuk bagan
3.2.2 Mengurutkan daur hidup katak dalam bentuk
bagan
Strategi Pembelajaran
Ø Picture to picture
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
Ø Menyajikan materi sebagai pengantar
Ø Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar
kegiatan berkaitan dengan materi
Ø Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
Ø Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan
gambar tersebut
Ø Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
Ø Kesimpulan/rangkuman
4.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan
bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Indikator
3.1 Menyebutkan bagian-bagian luar tubuh
hewan dan tumbuhan
3.2 Menyimpulkan tentang fungsi batang
pada tumbuhan
Strategi Pembelajaran
Ø Mind Mapping
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai.
Ø Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang
akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif
jawaban.
Ø Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
Ø Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusinya.
Ø Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu)
membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai
kebutuhan guru.
Ø Dari data-data di papan, siswa diminta membuat
kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru.
5.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Macam-macam Sumber Energi
Kompetensi Dasar
4.14
Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator
4.14.1 Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas
dan plastik bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan
menempel ber dasar kan instruksi tertulis secara mandir
Strategi Pembelajaran
Ø Project Based Learning
Langkah-Langkah Penerapan
o Guru Memberitahukan kepada siswa tentang
proyek yang akan dikerjakan
o Guru membentuk kelompok-kelompok kecil
yang nantinya akan bekerjasama untuk menggali informasi yang diperlukan untuk
menjalankan proyek
o Guru mendoro ng peserta didik untuk
melakukan penggalian informasi yang diperlukan, kalu perlu guru memfasilitasi
dengan menyediakan buku, bahkan bacaan, video Tu bahkan mendampingi siswa
mencari informasi di internet.
o Guru mendorong peserta didik untuk
menyajikan infomasi yang diperoleh kedalam satu brntuk yang paling mereka sukai
o Guru mendorong peserta didik untuk
menyajikan hasil karya meraka kepada seluruh siswa yang lain
6.
Kelas : V
Semester : I
Pokok Bahasan : Bangun ruang
Kompetensi Dasar
3.1
Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
Indikator
3.1.1 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana
Strategi Pembelajaran
Ø Discovery Learning
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Guru Menyampaikan beberapa contoh dan
bukan contoh dari suatu konsep sehingga peserta didik merasa tertarik untuk
bertanya lebih jauh
Ø Guru mengajak peserta didil untuk
menemukan macam-mcam jaring-jaring pada bangun ruang
Ø Guru mengajak peserta didik untuk
merumuskan dugaan mereka tentang konsep yang dipelajari dari contoh-contoh
tersebut
Ø Guru mengajak kelompok-kelompok untuk
berbagi dugaannya dan mendiskusikan sehingga diperoleh dugaan bersama
Ø Guru memberikan penegasan tentang maksud
dari konsep itu
Ø Guru memberikan latihan-latihan untuk memantapkan
pemahaman peserta didik
7.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Selalu Berhemat Energi
Kompetensi Dasar
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatan nya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
3.4.1 Melaporkan hasil pengamatan tentang
manfaat ben da-benda elektronik
3.4.2 Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat
sumber energi bagi kehi dupan manusia
Strategi Pembelajaran
Ø Problem Based Learning
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Guru menjelaskan
masalah pengeluaran rutin bulanan yang dihadapi oleh sekolah dengan
memperhatikan biaya penggunaan listrik, air, telepon serta alat tulis kantor
Ø Guru mendorong
siswa untuk membentuk kelompok-kelompok dan mengdentifikasi hal-hal yang
menyebabkan terjadinya pengeluaran yang cukup besar. Guru mendorong siswa
berdiskusi untuk mengidentifikasi hal-hal yang bisa dibuat hemat agar
pengeluaran rutin bulanan bisa dikurangi.
Ø Guru mendorong
siswa untuk mencari informasi sesuai dengan jenis informasi yang diperlukan dan
cara memperolehnya.untuk keprluan pembayaran listrik, guru bisa mengajak siswa
untuk melihat titik-titik lampu dan peralatan lain yang memerlukan aliran
listrik, dan mengidentifikasikan hal-hal yang bisa meringankan beban
pengeluarannya. Untuk keperluan pembayaran air, guru bisa mendorong siswa untuk
melihat kelemahan penggunaa iar selama ini dan mendorong ditemukannya
alternatif cara mengurangi beban pengeluaran
Ø Guru mendorong
siswa untuk menalar dan erumuskan alternatif jawaban tentang masalah yang
dikemukakan.
Ø Guru meminta
siswa untuk mempresentasikan ide mereka dalam memecahkan masalah, dan meminta
teman lain untuk mengamati, mengomentari, mengkritisi, dan memberikan saran
perbaikan.
8.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Keragaman suku Bangsa dan Budaya
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator
3.4.1 Menjelaskan
kebera gaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
3.4.2 Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
3.4.3 Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan menjadi anak Indonesia
Strategi Pembelajaran
Ø Two Stay Two Stray
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Pembagian kelompok, kelas dibagi menjadi beberapa
kelompok yang beranggotakan 4 orang.
Ø Setelah
kelompok terbentuk, guru memberikan tugas berupa permasalahan-permasalahan yang
harus mer4eka diskusikan jawabannya.
Ø Setelah
diskusi intrakelompok selesai, dua orang dari masing-masing kelompok
meninggalkan kelompokkaya untuk bertamu kepada kelompok yang lain
Ø Dua orang
yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi
mereka ke tamu mereka.
Ø Tamu mohon
diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri-sendiri dan melaporkan temuan
mereka dari kelompok lain.
Ø Setelah
kembali ke kelompok asal, baik peserta didik yang bertamu maupun mereka yang
bertugas menerima tamu, mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja yang telah
mereka tunaikan
9.
Kelas : V
Semester : I
Pokok Bahasan : Faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta
bilangan prima
Indikator
3.4.1 Menjelaskan konsep KPK
3.4.1 Menghitung KPK
Strategi Pembelajaran
Ø Team Game Tournament (TGT)
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Guru menyampaikan materi pelajaran
Ø Belajar tim, para siswa mengerjakan
lembar kegiatan dalam tim mereka untuk menguasai materi
Ø Turnamen, para siswa memainkan Game
akademik dalam kemampuan yang homogen, dengan meja turnamen tiga peserta
(kompetensi dengan tiga peserta)
Ø Rekognisi, skor tim dihitung berdasarkan
skor turnamen anggota tim , dan tim tersebut akan direkognisi apabila mereka
berhasil melampaui kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.
10.
Kelas : IV
Semester : I
Pokok Bahasan : Gaya dan gerak
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi me lalui pengamatan,
serta mendes kripsikan penerapanya dalam kehi dupan sehari-hari
Indikator
3.3.1 Menjelaskan ten tang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan per cobaan
Strategi Pembelajaran
Ø Snow Ball Throwing
Langkah-Langkah Penerapan
Ø Guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
Ø Guru
membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi
Ø Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan
materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
Ø Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja, untuk menuliskan satu
pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua
kelompok
Ø Kemudian
kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa
yang lain selama + 5 menit
Ø Setelah
siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian
Ø Guru
memberikan kesimpulan
Ø Evaluasi
Ø Penutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar